Semoga Bermanfaat

Rabu, 16 Desember 2015

Hygiene dan Sanitasi


Pengertian Kebersihan / Hygiene
Untuk mencapai kesehatan yang prima, di dalambuku yang berjudul ”The Theory of Cattering”, bahwa  hygiene is the study of health and prefentation of the  deasis yang berartiadalahilmukesehatandan  pencegahantimbulnyapenyakit.  Kebersihanadalahsuatudisiplinilmu yang mempelajaribagaimana  carahidupsehatdancaramencapaikondisi-kondisihigienis (hygiene condition). Berdasarkanmateri  pengajaran K3 (KesehatandanKeselamatanKerja), pengertiankebersihanadalahsutuusahauntukmelindungi, memeliharadanmempertahankansertameningkatkanderajatkesehatanmanusia, sehinggatidakmdahtergangguatauterpengaruhdarisegalagangguankesehatan. PengertianHigienemenurutUndang-Undang No 11 tahun 1962 adalah ”Segalausahauntukmemeliharadanmempertinggiderajatkesehatan”. Contohtindakan hygiene:
- Mencucitangansebelummakan
- Mencucitangansetelahmelakukan maintenance and repair pada PC dan printer
- Pemeriksaankesehatanpadatenagakerja
  1. Personal Hygiene (KesehatanPerorangan)
Jikaparapekerjamemakaipakaiankerjadansarungtangan yang bersihselamabekerjaakanmengurangiterjadinyapengotoranterhadapmakanandanminumanmaupunterhadapalat-alatmakan, sebaliknyajikaparapekerjamelakukanhal-hal yang kurangbaik, seperti :meludah, bersindanbatukseenaknyakemudiandisekatatauditutupdengantangantanpamencucikembalidapatmengakibatkanmakananmenjadikotor.
Usaha-usaha yang harusdilakukan :
1)      Sebelumbekerjadansesudahbuang air kecildiharuskanmencucitangandenganmenggunakansabunsampaibersih.
2)      Menjauhkanmakanandanminumandarisentuhanjaritangan.
3)      Menggunakansaputanganbersihuntukmenutuptanganwaktubatukataumenutuphidungwaktubersindansesudahnyadiharuskanmencucitangandenganmemakaisabun.
4)      Menggunakanpakaianseragam.
5)      Memakaitutupkepaladengankainbersih.
6)      Bilasakitsebaiknyatinggal di rumah.
Dalampemeliharaan personal Hygiene diharuskantersedianya  :
1)      Kotakberisialat-alatPertolonganPertamaPadaPenderitaKecelakaan (PPPK), berupaobat-obatandansemuakelengkapan yang bisadigunakanantara lain  obatmerah, tensoplast, perban, kapas, boorwaterdan lain sebagainya.
2)      Kamarmandidan toilet yang terletakcukupjauhdaritempatpenyimpananmakanan.
3)      Fasilitasuntukmencucitanganatau wash basin yang penempatannya di tempat yang strategis agar mudahdijangkau.
4)      Pemeriksaankesehatanataukebersihan, kerapihandanjugakebersihanlingkungansekitarnya.
5)      Pakaiankerjadantutupkepalauntukpekerjasertasarungtangan.
Selain Hygiene dariperoranganjugaharusmemperhatikankebersihanlingkungan di sekitartempatbekerja.Bilalingkungantempatbekerjadalamkeadaanbersih, rapidantertatadenganbaikmakaakanterasakenyamanansertaketenangandalammelaksanakanpekerjaan. Jadilingkunganharusmendapatkanperhatiandanperioritasuntukdiperhatikanseperti  tempatpembuangansampah, area sekitardapur. Tempatpenyajiandanpengolahanmakananharussenantiasadalamkeadaanbersih, rapidanteratur.Setiapselesaibekerja, peralatan yang ada di dapuratausekitarnyadanjugasisa-sisamakanan yang tumpahharussegeradibersihkan, dapurdibersihkandenganpembersihlantai, makanan yang belumtersajikandisimpan di tempat yang seharusnya agar terhindardaribakteriataukuman.
Hal yang harusdiperhatikanuntukmenjagakebersihanlingkungan  daripembuangansampah yang diambildalam Drs. TatangAsmawijaya, antara lain :
1)      Tempatsampahharusselalutertutup.
2)      Usahakan agar sampahbekasmakanandimasukkankedalamplastiksampahkhusus.
3)      Memisahkanantarasampah yang basahdan yang kering.
4)      Memisahkanantarasampahmakanandansampahlainnya, sepertikalengtutupbotol, kertas, karton, plastik, dan lain sebagainya.
5)      Tempatsampahharusjauhdaritempatpengolahan, penyajian, danpenyimpananmakanan.
6)      Mencucitempatsampahdua kali seharidenganmenggunakanobatpembasmihamaataubakteri.
7)      Menghindarkanpembuangansampah di sembarangtempat. ( HygienedanSanitasihal 15)













PengertianSanitasi
Sanitasiadalahsuatuusahakesehatanmasyarakat yang mengutamakanataumenitikberatkanpadapengawasanterhadapberbagaifaktorlingkungan yang mempengaruhitingkatderajatkesehatanmanusia.MenurutEhler and Steel (1980), sanitasiadalahusahapengawasanterhadapfaktorlingkungan yang dapatmerupakanmatarantaipenularanpenyakit.Pengertiansanitasimengarahkepadausahakonkritdalammewujudkankondisi hygiene danusahainidinyatakandenganpelaksanaan di laanganberupapembersihan, penataan, sterilisasi, penyemprotanhama, dansejenisnya. Olehkarenaitujikahygienismerupakantujuan, makasanitasimerupakantindakannyatauntukmencapaitujuantersebut.Untukmelaksanakanhaltersebutmakadiperlukansuatusistem yang mengaturpelaksanaanhygienisdansanitasisedangkanmenurut West, Wood danHarger (1996) sanitasiberasaldaribahasalatin ”sanus” yang berarti ”sound and healthy” ataubersihsecaramenyeluruh.
SANITASI MAKANAN


0 komentar:

Posting Komentar