Semoga Bermanfaat

Rabu, 16 Desember 2015

Dimensi Atraksi


DIMENSI PARIWISATA
Dimensi pariwisata adaempatdimensiutamapariwisata – antraksi, fasilita, transportasi, dankeramahtamahan.

Atraksi
                Atraksimenarik orang untuk dating kesebuahkawasantujuanwisata. Sebagaisebuahagenpenyebabpenumbuhan, bias jadiatraksiadalahapa yang pertama kali menarikpengunjungkesebuahkawasanatau, dalamartianpembangunan, cenderung di kembangkanlebihdahuu.
                Atraksi bias berdasarkansumber-sumberalam, budaya,etnisitas, atauhiburan
Sumberalam. Setiapkawasan di berkatidenganderajattertentusumber-sumberalam, yang berbentukcirifisikalam, iklim, dankeindahanalamkawasanitusendiri. Setiapkawasanmempunyaikombinasikeunikanciri-cirisumberalam. Ciriterpentingbagipariwisataadalahkeatraktifan yang di timbulkanolehperbedaansuhu, ragampemandanganalam, dansejumlahcirirekreasional yang dimungkinkanolehsumbersumberitu.
                Sumber-sumberalamsebuahtempattujuanwisatasangatrapuh. Karenasifatatraktiftempattujuanwisatalah yang menarikkedatangan orang-orang. Pengunjung-pengunjunginimeninggalkantanda-tandamereka (dankadang-kadangsampah) padasumberalam. Akibatnyatempattujuanwisatatersebutmenjadikurangmenarik.
                Budaya. Budayasebuahkawasanadalahcarahidupmasyarakatnya. Ituditunjukanolehhal-halsepertitempatbersejarah, agama, cara orang hidup,caramereka di perintah, dantradisi-tradisimereka, baik di masalalumaupun di masasekarang.
                Emisitas.alasannomorsatu orang-orang di Amerika Utara melakukanperjalananadalahmengunjungiteman-temandankerabatmereka. Karenamobilitas orang Amerikatinggi (diperkirakansatudarilima orang Amerikapindahtempatsetiaptahunnya)
Hiburan. Wisatawanseringkalitertarikpadasebuahtempatkarenahiburan yang disediakantempatitu. Hiburanitu bias jadiciripermanentempattujuanwisatatersebutsepertitamanhiburanataukebunbinatang.

FASILITAS-FASILITAS
Atraksimembuat orang-orang mendatangitempattujuanwisata: fasilitas yang tersediamelayanimerekaselamabeeradadisanakarenamerekajauhdarirumah, prapengunjungmembutuhkanbarang-barangtertentu.
                Agar berhasil, sebuahtempattujuanwisatamembutuhkanakomodasi yang cukupdancocokuntuk bias menarikkedatanganwisatawan. Itubisaberartikawasanuntukberkemah, atautempatmenginapdalamrumah-rumahpribadi, hotel, motel, atauresor.
Pelayananpendukung. Pelayananpendukungbagipariwisatatermasukhal-halseperticinderamataatautoko-tokobebaspajak, jasapencucianpakaian, pramuwisata, danfasilitas-fasilitasrekreasi.
                Sebagianbesarpelayananpendukungbagipariwisataadalahbisnisskalakecil. Inimemberikeuntungansekaligusmendatangkankesulitanbagitempattujuanitu. Sisipositifnya, faktabahwabisnisinikecilberartibahwa dollar wisatawantersebar di antara orang-orang yang adadalamtempattujuanitu. Banyaktuanrumah (dalamartianpenduduksetempat yang terlibat) ikutsertamenikmatikeuntungan yang berasaldaripariwisata.
                Atraksidanfasilitassebuahtempattujuanwisatatidakdapat di datangidenganmudaholeh para wisatawansampaiinfrastrukturdasar di atasada. Akan tetapi, adalahtidakperlupembangunaninfrastruktur yang menyeluruhtersedialebihdahulu.
                Dalamkebanyakankasuspembangunaninfrastrukturadalahtanggungjawabpemerintah. Keuntungan yang dihasilkanolehpembangunaninfrastrukturtersebuttidakhanyabagiwisatawantetapijugabagipendudukkawasanitusendiri.

TRANSPORTASI
                Basis pariwisataadalahkeinginan orang untukmelakukaknperjalananketempat yang berbedadengantempat yang biasaditempatinyabudaya yang bebeda, iklim yang berbeda, pemandangan yang berbeda. Tempat-tempat yang beradasecarafisiksalingmenggerakansatusama lain. Karenanyaadakebutuhanuntukmelakukanperjalanankesana.
KondisiPerjalanan. Melakukanperjalananantaraduatempattertentudapatditerangkanberdasarkantiga factor; pelengkap, penghambat, dandapat di capaiuntukmelakukanperjalanandansampaikesuatutempatharusadapermintaandanpersediaan di tempat lain.
                Ada hubungan yang pentingantaratransportasidanpariwisata. Peningkatanfasilitaspariwisatamerangsangpariwisataitusendiri, sementaraituekspansipariwisatameningkatkankebutuhanakantransportasi yang lebihbaik.
                Waktudapat di hematdenganmemenuhisluruhkapasitssaranatransportasi. Jikaseorangpengelolapariwisatadapatmenjaminseluruhkapasitassebuahpesawatdipenuhiolehwisatawan, pesawattersebutdapatterbangkapansaja di inginkan.
                Akhirnyawaktudapat di hematmelaluipenemuandanpenggunaanperalatanseperti radar dan signal otomatis. Kemajuandalambidangini di buatselamaperangdunia II dan di manfaatkansesudahperangdalam industry pesawatterbangkomersialdalamrangkameningkatkanpelayanan.

KERAMAHTAMAHAN
                Keramahtamahansebuahkawasanadalahperasaandisambutbaik yang diterimaolehwisatwanpadawaktumengunjungisebuahkawasan. Orang tidakinginpergikesuatutempat yang tidakmenyambutmerekadenganbaik. Apa yang dipikirkan orang-orang setelahmelakukanperjalananadalahbukancuacaataupemandanganalamnya. Sangatsering yang merekapikiranadalah orang-orang.
                Tempattujuandapatmendorongmunculnyaperasaantentangkeramahtamahaninidenganbnyakcara. Pertama, adalahperlumenyelaggarakanprogamkhususmenginformasikanpenduduksetempatapa yang dapatdilakukanolehpariwisatadan pa yang sedangkandilakukanolehpariwisatapadakawasanitu.
                Latihankeramahtamahanmungkindiperlukan. Para karyawandapatdiintruksikanbanyakhalsepertipentingnyapenampilan,memberisalampadatamu, dansukamembantu.
                Kapansajaseorangwisatawanbertemudenganseorangkaryawanataupenduduksetempat di sebuahkawasantujuanwisata, keadaanitumerupakansebuah “momenkebersamaan”. Bagaimanaseorangkaryawanberinteraksidenganwisatawanbisameningkatkanmaknasebuahliburanataumerusaksemuabunyiiklan yang menyebabkanwisatawanpergikekawasantersebut.

0 komentar:

Posting Komentar