Semoga Bermanfaat

Rabu, 16 Desember 2015

Grooming


Grooming
Anda sering mendengar istilah Grooming atau lebih mudahnya kita sebut Penampilan
Penampilan yang tentunya memiliki beberapa syarat penting sehingga sangat berpengaruh dan berdampak dalam pencapaian kinerja pribadi maupun kelompok organisasi.  Penampilan atau Grooming merupakan bagian dari Pelayanan Pelanggan yang perlu dicermati dan disikapi secara komprehensif. 
Pentingnya Grooming atau Penampilan diantaranya karena:
         Bersifat Nyata sebagai Dimensi Kualitas Pelayanan
         Bagian dari Citra (Image) Perusahaan
         Membuat Pelanggan nyaman bersama Anda
         Bentuk Perhatian (Respect) dan Pertimbangan (Consideration) bagi  Pelanggan
         Bagaimanakah Penampilan Pribadi yang baik itu..?
         Komponen Utama Penampilan Pribadi (Personal Grooming) adalah Tubuh dan Wajah bagian dari Kebersihan Pribadi (Personal Hygiene) serta Seragam dan Pelengkap sebagai bagian dari Etika Berpakaian. 
Sekilas mengenai beberapa hal penting tentang Kebersihan Pribadi ialah:
1.  Rambut
       Kebersihan dan Kerapihan Rambut
       Potongan Rambur sesuai Bentuk dan Teksur Wajah serta Usia
       Rambut tidak menutupi Wajah dan Telinga
       Rambut berwarna Natural atau di cat warna Natural dan Tidak Mencolok
2.  Wajah
       Wajah dirawat agar tampak sehat dan bersih
       Istirahat Cukup dan Pola Makan Teratur
       Menggunakan Make-Up sepantasnya bagi Wanita
       Kumis dan Jenggot terawat dan tertata rapih bagi Pria
3.  Tubuh
       Wangi dan Bersih tidak berbau
       Gigi Bersih dan Tidak Bau Mulut, selalu terjaga secara periodik
       Kuku bersih dan tidak panjang berlebih
Kebersihan Pribadi perlu dilengkapi dengan Pakaian dan Aksesoris lainnya dan disesuaikan dengan kondisi budaya perusahaan dan lingkungan kerja sekitar yaitu:
  1. Pakaian atau Seragam, harus terawat rapi, bersih dan sesuai ukuran badan
  2. Sepatu, tidak terbuka, tidak ber-hak terlalu tinggi, bukan sepatu sandal
  3. Aksesoris seperti Jam Tangan, Cincin, Kacamata, Tas Kerja, dan lainnya
Setelah memiliki Penampilan yang pantas dan sesuai dengan etika berpakaian yang baik, selanjutnya seorang profesional juga perlu membenahi Bahasa Tubuh (Body Language) dalam pelayanan pelanggan khususnya. 
Sikap Tubuh yang baik ialah:
         Berdiri  Tegak namun  Bahu  Releks (Santai)
         Duduk  agak  kedepan, sopan dan bagi wanita  paha tertutup
         Jalan tidak  tergesa-gesa dan  langkah  teratur
          Gerak-gerik  sopan  dan  tidak  malas-malasan


0 komentar:

Posting Komentar